Faringitis adalah penyakit yang ditimbulkan akibat rasa sakit dari radang tenggorokan. Faringitis ini disebabkan karena adanya virus yang menyerang tubuh bagian tenggorokan. Akibatnya, seseorang akan mengalami gejala faringitis yaitu, sering merasa gatal bagian pangkal tenggorokan, dan flu yang disertai dengan demam bahkan adanya benjolan pada bagian tenggorokan yang manimbulkan rasa sakit yang bukan main terutama saat mengonsumsi makanan dan minuman.

Dilansir dari klikdokter.com, bahwa penyakit ini biasanya diakibatkan karena seringnya mengonsumsi air dan makanan yang panas, merokok, alkohol, dan sembarangan meminum antibiotik tanpa resep dokter. Maka jika semua itu sering dilakukan, akan rentan terhadap radang tenggorokan yang menimbulkan rasa sakit.

Setelah mengenali beberapa penyebab dan gejal faringitis atau radang tenggorokan ini, selanjutnya adalah pengobatan yang sesuai dengan anjuran dan petunjuk dokter. Ada beberapa anjuran dokter uyntuk mengobati penyakit faringitis, antaraya adalah konsumsi antibiotik dan obat-obatan yang dianggap cocok untuk mengurangi bakan mengobati penyakit faringitis atau radang tenggorokan.

READ  Ciri-ciri dan diagnosa difisiensi protein c  

Tidak semua obat dan antibiotik itu tepat untuk mengobati radang tenggorokan, apabila radang tersebut diakibatkan karena infeksi bakteri, maka pemilihan terapi dengan antibiotik itu merupakan cara yang tepat untuk mengobati radang tenggorokan.

Jika sakit yang diakibatkan karena virus, maka antibiotik tidak diperlukan. Karena jika hanya disebabkan karena infeksi virus, maka gejala akan mudah hilang dengan sendirinya, denan mengembalikan system imun tubuh yang baik.

Alangkah baiknya jika anda melakukan pengobatan dengan cara alami atau herbal. Menurut dr. Melyana Putri, berikut adalah cara pengobatan herbal terhadap penyakit faringitis

  • Jahe

Jahe memiliki zat  antiperadangan, sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan

  • Kencur

Kencur atau nama lainnya adalah curcuma zedoaria juga memiliki efek antiperadangan yang  dapat meredakan nyeri saat radang tenggorokan.

  • Vitamin D

Vitamin D dapat meningkatkan jumlah sel T dan interleukin. Sel T itu berperan dalam system imun. Sumber vitamin D antara lain jamur, telur, dan minyak ikan.

READ  Sudahkah kamu pastikan, menu makanan seimbang terhadap tubuhmu.

Sementara pengobatan herbal lainnya yang dilansir dari hellosehat.com, obat herbal dalam pengobatan faringitis adalah :

  • Memperbanyak minum air putih

Karena radang tenggorokan bisa juga disebabkan karena tenggorokan kering dan kekurangan cairan. Selain itu juga, air putih dapat melawan infeksi kuman

 

  • Selain air putih, anda juga dapat mengonsumsi madu, yang mana obat yanng satu ini sudah tak lagi asing bagi pengobatan herbal. Karena memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan dan berbagai penyakit. Nah, cara meminumnya, anda cukup mencampur madu ini dengan air putih hangat dan meminumnya saat dipagi hari.

 

  • Karena radang tenggorokan juga bisa timbul dari bakteri, maka lemon sangat tepat untuk mengobati radang pada bagian tenggorokan. Caranya sangat mudah, anda hanya cukup mencampur perasan lemon ke dalam segelas air hangat. Selain dapat membunuh kuman-kuman yang ada pada tenggorokan, lemon juga dapat menghilangkan lender pada tenggorokan, sehingga saat tenggorokan kembali bersih, otomatis anda akan merasa lega .
READ  Bagaimana cara mengatasi gizi buruk pada sang buah hati?

 

  • Hal sederhana yang dapat dikonsumsi oleh seseorang yang merasakan radang pada tenggorokan, anda juga bisa makan permen pelega tenggorokan, yang sifatnya mampu menghangatkan tenggorokan.

 

Dengan demikian, penting untuk mengetahui sebab dari faringitis, karena pengobatannya akan sesuai dengan gejala dan penyebab rasa sakit tersebut. Jangan selalu terikat dengan obat dan antibiotik. Meski baik, tapi cobalah untuk menggunakan herbal alami agar lebih aman, karena selain mengobati  faringitis, tanaman herbal di atas, dapat juga memberi kehangatan dan kenyamanan pada tubuh, terlebih saat demam.

Mulailah berpola hidup sehat dengan memeberi asupan gizi dan istirahat yang cukup, karena virus dan bakteri akan mudah menyerang tubuh saat tubuh dalam keadaan tidak fit.

 

Sumber gambar : honestdocs.id

Author

Firman