Adakah diantara kalian yang gemar mengonsumsi makanan instan atau cepat saji? Apakah makanan tersebut sudah memenuhi gizi yang seimbang untuk tubuh? Kesibukan bekerja saat ini perlahan menuntut untuk hidup secara instan, salah satunya yakni mengonsumsi makanan instan atau cepat saji untuk mengisi energi dan mengurangi rasa lapar. Namun, makan istan tersebut ternyata belum memenuhi gizi yang seimbang yang diperlukan oleh tubuh lho!

Kesehatan tubuh merupakan hal penting yang harus dijaga sebaik mungkin. Padatnya aktivitas sehari-hari harus diimbangi dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Dengan mengonsumsi menu gizi seimbang tidak sekadar memenuhi rasa lapar, namun sebagai penunjang kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan gizi seimbang, anda harus mengonsumsi makanan yang ideal terdiri dari berbagai macam jenis protein, karbohidrat, lemak, nutrisi, serat, mineral, dan vitamin. Pada umumnya, pola menu gizi seimbang diilustrasikan dengan model piramida. Namun, sekarang ini dapat menggunakan panduan priring makan untuk memenuhi  menu gizi seimbang. Berikut panduan piring makan yang dapat anda diterapkan!

  1. Gunakan setengah piring makan terdiri dari sayur dan buah-buahan dengan jenis warna yang beragam, seperti: sawi, wortel, brokoli, bayam, dan jenis sayuran lainnya.
  2. Gunakan seperempat piring makan yang berisi protein, seperti mengonsumsi ikan, ayam, telur, atau kasang-kacangan (kacang merah, kacang polong, dan olahan dari kacang kedelai). Hindari mengonsumsi daging olahan seperti sosis dan nugget.
  3. Gunakan seperempat piring berisi karbohidrat seperti nasi merah, gandum, umbi-umbian. Jika anda mengidap diabetes hindari mengonsumsi nasi dan roti secara berlebihan karena akan meningkattkan kadar gula yang memperparah
  4. Lengkapi sedikit minyak sehat, seperti minyak zaitun, minyak kedelai, dan minyak jagung. Minyak nabati akan membuat tubuh minim dari kolestrol jahat.
  5. Mengonsumsi air putih yang cukup sesuai kondisi tubuh, seperti 3 liter air putih dalam sehari. Anda dapat mengonsumi susu sekiar 1-2 gelas setiap hari, dan konsumsi jus buah 1 gelas setiap hari. Selalu ingat hindari minuman yang memiliki kandungan gula tinggi.
READ  Bagaimana cara mengatasi gizi buruk pada sang buah hati?

Panduan piring makan agar menu gizi seimbang tercukupi dapat diterapkan untuk semua orang. Bagi orang yang memiliki permasalahan medis, konsultasikan terlebih dulu dengan ahli gizi atu dokter sebelum menerapkan panduan piring makan.

Selain menerapkan panduan piring makan, sebaiknya didukung dengan gaya hidup yang aktif. Pola hidup sehat tidak hanya didukung oleh konsumsi menu gizi seimbang. Karena makanan dan minuman yang dikonumsi mengandung kalori yang berguna sebagai energi beraktivitas. Sehingga diperlukan aktivitas yang aktif dan berolahraga secara rutin agar kalori dapat terbakar tidak menjadi timbunan lemak yang memicu timbulnya berbagai penyakit. Jika tubuh kurang aktif bergerak, maka kalori akan tersimpan dalam tubuh juga dapat  menyebabkan berat badan bertambahn.

READ  Ciri-ciri dan diagnosa difisiensi protein c  

Olahraga penting dilakukan tidak hanya untuk menjaga berat badan saja, melainkan juga dapat menekan resiko penyakit diabetes, jantung, dan stroke. Upayakan untuk bergerak aktif atau olahraga sekitar 30 menit dalam sehari.  Lengkapi piring makan dengan menu gizi seimbang dengan gaya hidup yang atif agar kesehatan tubuh dapat terjaga.

Hindari aktivitas yang memicu setres, seperti sering begadang, kurang tidur, kurangnya waktu bersantai dan mengonsumsi makanan-makanan instan atau cepat saji secara berlebihan karena kandungan bahan kimia dapat menyebabkan berbagai penyakit. lalu biasakan untuk mngonsumsi makanan yang mengandung gizi setiap harinya.

 

Sumber gambar: alodokter.com

Author

Firman